Notification

×

Iklan ok

UKMK Sawit BPDPKS CV. SMART BATIK INDONESIA, Kenalkan Batik Tulis Sawit ke-15 Negara

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 17.55 WIB Last Updated 2023-10-28T10:56:07Z

GEMARNEWS.COM , JOGJAKARTA - Usaha Kecil Menengah (UKM) mitra Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), CV. Smart Batik Indonesia menjadi salah satu penampil dalam kegiatan fashion show yang dilaksanakan pada acara Jogja Membatik Dunia #2 di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, 26 Oktober 2023. 

Kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian Jogja International Batik Biennale (JIBB) 2023 yang mengangkat tema 'Borderless Batik - Sustainable and Marketability'. 

Dalam kesempatan tersebut hadir Wakil Gubernur Provinsi DIY, KGPAA Paku Alam X, Ketua Dekranasda DIY, GKR. Hemas, Ketua Harian Dekranasda DIY, GKBRAyA Paku Alam, dan Direktur Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri. Ani Nigeriawati, serta sejumlah pejabat di lingkungan Provinsi DIY.

Acara ini juga dihadiri perwakilan dari 15 negara tetangga dan beberapa negara yang memiliki jalinan erat dengan Indonesia, untuk ikut serta membatik bersama.

Lima belas negara tersebut ialah Brunei Darusalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Timor Leste, Republik Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, dan India. 
CEO CV. Smart Batik Indonesia, Miftahudin Nur Ihsan, memanfaatkan momen luar biasa ini untuk mengenalkan batik tulis malam sawit yang diproduksinya. 

Dalam acara ini, Ihsan dan Smart Batik menjadi salah satu wakil terpilih dari Kota Yogyakarta yang berkolaborasi dengan desainer milenial, Kania Gita untuk menampilkan karya batik dan fashion terbaiknya. Karya yang ditampilkan dalam fashion show kali ini berjudul The Coral Bloom dengan mengangkat tren New Spirit dan Soulful yang harapannya dapat memberi ketenangan dan semangat setiap harinya. 

Karya ini dibuat dengan menggunakan malam sawit dan dengan sentuhan nuansa sawit. Selain, pengenalan melalui fashion show, Ihsan juga mengenalkan malam sawit kepada 225 ASN Pemerintah Kota Yogyakarta yang sedang membatik di Pusat Desain Industri Nasional (PDIN). 

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi UKM Kota Yogyakarta, Tri Karyadi Raharjo, menyampaikan saat live streaming bahwa pada acara ini Kota Jogja membuat terobosan dengan membatik menggunakan malam sawit. 

Plt Direktur Kemitraan BPDPKS, Kabul Wijayanto dan Kepala Divisi UKMK Sawit BPDPKS, Helmi Muhansyah menyambut baik apa yang dilakukan Ihsan dan Smart Batik, Kabul menyampaikan bahwa apa yang dilakukan Smart Batik sangat menggembirakan dan dapat menjadi pemacu untuk terus mendorong tumbuh kembangnya UKMK Sawit. 

Kabul Wijayanto menambahkan BPDPKS akan terus bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memperjuangkan brand UKMK Sawit agar semakin diminati oleh seluruh masyarakat, baik masyarakat lokal, maupun internasional. (Agusnaidi B)
×
Berita Terbaru Update