Notification

×

Iklan ok

Re-Akreditasi Prodi Sarjana Sosiologi USK Raih Predikat Baik Sekali

Kamis, 04 April 2024 | 15.05 WIB Last Updated 2024-04-04T08:05:15Z

Laporan: Fohan Muzakir

GEMARNEWS.COM, BANDA ACEH - Program Studi Sosiologi Universitas Syiah Kuala (USK) memperoleh predikat status re-akreditasi Baik Sekali dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). 

Perpanjangan akreditasi Baik Sekali Program Studi Sarjana Sosiologi diterbitkan dalam Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 1097/SK/BAN-PT/Ak/S/IV/2024, Tentang Peringkat Akreditasi Program Studi Sosiologi Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. 

BAN PT “Menetapkan peringkat akreditasi Program Studi Sarjana Sosiologi USK dengan status peringkat akreditasi Baik Sekali dan Nilai 351. 

Program Studi Sarjana Sosiologi sebelumnya terakreditasi “B” dan akreditasi Baik Sekali diperoleh melalui re-akreditasi menggunakan Instrumen Suplemen Konversi (ISK). 

Peringkat Baik Sekali didapat setelah melalui proses Asesmen Lapangan yang dilaksanakan langsung tatap muka dengan asesor BAN-PT pada tanggal 17-19 Maret 2024 di lingkungan FISIP USK. 

Akreditasi Baik Sekali merupakan predikat kedua dalam tingkatan akreditasi yang ditetapkan BAN-PT. Dimana BAN-PT menetapkan tingkatan akreditasi yaitu, Unggul, Baik Sekali, dan Baik. Akreditasi mengisyaratkan bahwa Perguruan Tnggi menjamin aspek kualitas dan peluang karier lulusannya. 

Pengusulan Re-akreditasi Program Studi Sarjana (S1) Sosiologi ini dikoordinir oleh Koordinator Program Studi Sosiologi USK, Yuva Ayuning Anjar, M.A yang menyambut harus atas predikat yang diperoleh dengan Nilai Baik Sekali, dengan menyatakan bahwa nilai yang keluar sekarang adalah kado kebahagian bagi sivitas akademika FISIP USK dan khususnya untuk Program Studi Sosiologi dibulan Ramadhan. 

"Kado terindah ini tentu didapatkan dengan kerja tim yang luar biasa. Adapun tim yabg terlibat berasal dari seluruh dosen yang ada di lingkungan Prodi Sosiologi FISIP USK" ujar Yuva Ayuning Anjar, M.A, Kamis, 4/4/2024.

Selain dosen, proses re-akreditasi juga disukseskan oleh partisipasi mahasiswa, alumni serta beebagai mitra kerja sama yang menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Dengan struktur prodi yang kokoh, dimana terdapat Tim Pengendali Mutu Akademik dengan Cut Lusi Chairunnisak, M.A sebagai ketua, menjadikan proses re-akreditasi Prodi Sosiologi berjalan sangat terstruktur. Tentu semua ini juga berkat support luar biasa dari bapak Rektor, bapak Dekan dan jajaran Pimpinan Fakultas serta Asosiasi Program Studi Sosiologi Indonesia (APSSI) ujarnya. 

Selain itu Ketua TPMA Prodi Sosiologi, Cut Lusi Chairunnisak, juga ikut menyambut baik raihan Predikat Baik Sekali yang diperoleh sekarang, Dimana kedepan Akreditasi Program Studi Sosiologi agar dapat ditingkatkan dengan predikat Unggul.

"Perolehan peringkat akreditasi Baik Sekali yang didapatkan Program Stusi Sarjana Sosiologi USK sekarang ini menjadi salah satu acuan pula bagi masyarakat atau orang tua calon mahasiswa untuk memilih Program Studi tujuan anaknya di Perguruan Tinggi dalam melanjutkan jenjang ke pendidikan tinggi. Apalagi sekarang sedang proses rekruitmen calon mahasiswa" pungkas Cut Lusi Chairunnisak. 
×
Berita Terbaru Update