Notification

×

Iklan ok

Harumkan Nama Aceh , Putra Pidie Tembus Babak Final Event Panahan Internasional di Turki

Selasa, 28 Mei 2024 | 10.35 WIB Last Updated 2024-05-30T04:02:07Z

GEMARNEWS.COM , PIDIE - Atlet panahan tradisional Indonesia berhasil mencatat sejarah mengagumkan di event internasional “12th Fetih Kupasi Conquest Cup” Istambul Turki 2024. Pada ajang dunia ini tercipta All Indonesian final, istimewanya salah satu perwakilan Indonesia yang berhasil masuk ke babak ini adalah seorang Putra Aceh, Mutasar Hasbi (31), Atlit pemanah tradisional kelahiran Blang Paseh, Kota Sigli, Pidie.

Di babak kualifikasi, ia berhasil masuk ke babak 32 Besar dengan menempati peringkat ke 6 dari ratusan peserta yang mengikuti event ini. Pada babak 32 hingga babak semifinal yang dilakukan dengan menggunakan sistem gugur, ia berhasil memenangkan seluruh babak. Dimana di babak semifinal, Mutasar mengalahkan Koczka Lazlo asal Hongaria dengan skor point 8-5, Senin (27/5/2024).

DI babak Final yang akan diselenggarakan Rabu, 29 Mei 2024 Pukul 16.00 Waktu Turki (20.00 WIB), ia akan berhadapan dengan perwakilan sesama Indonesia lainya, Achmad Syahrul Uman (Irul), yang berasal dari Jawa Timur.

“Pada intinya kebersamaan, semangat berlatih dan “bek goyang”, menjadi kunci hingga akhirnya berhasil menembus babak final, pesannya. Lebih lanjut dia mengharapkan dari masyarakat Aceh agar turut mendoa kan kami yang lagi berjuang sehingga diberikan kelancaran untuk meraih hasil terbaik di turnamen ini. 

Sementara harapan lainnya, di tahun-tahun berikutnya bisa diikuti lebih banyak perwakilan khususnya dari Aceh, semoga dengan capaian ini bisa memotivasi banyak pemuda, bahwa kita bisa bersaing untuk berlaga di event internasional di masa yang akan datang, pungkasnya.

Sekedar diketahui, ‘Conquest Cup Fetih Kupasi' tahun ini adalah kali ke 12 digelar di Instambul Turki, 25-31 Mei 2024, event ini adalah turnamen panahan level dunia yang digelar di Turki sebagai bentuk peringatan pembebasan Konstantinopel oleh Sultan Mehmed 2 alias Sultan Muhammad al Fatih setiap bulan Mei.

Tahun ini, event tersebut diikuti 186 Pemanah Tradisional dari 32 negara telah menjalani babak kualifikasi di hari Minggu, (26/5/2024).

Ratusan atlet dari berbagai negara seperti, Turki, Hongaria, Kazakhstan, Singapura, Iran, Malaysia, Romania, Rusia, Brunai Darussalam, Thailand , Australia, Kanada, Siprus Utara dan Indonesia.
×
Berita Terbaru Update