Notification

×

Iklan ok

Mantan Aktivis 98 "Pemuda Pidie Jaya Manfaatkan Platform Digital Untuk Bangkit "

Minggu, 26 Mei 2024 | 18.04 WIB Last Updated 2024-05-26T11:06:42Z
Pemateri kegiatan Focus Group Discussion (FGD) "Pemuda Pidie Jaya Bisa Apa? di Kabi Kopi, Sabtu Malam 25 Mei 2024.

Gemarnews.com, Pidie Jaya - Peran aktif generasi muda dalam meningkatkan literasi digital masyarakat sangat penting untuk mengakselerasi proses transformasi yang mampu mendorong pertumbuhan di sejumlah sektor. 

"Peran aktif generasi muda dalam proses transformasi berbagai bidang di negeri ini lewat literasi digital merupakan langkah strategis yang harus segera direalisasikan," kata manta aktivis 98, Andi Firdaus, Sabtu 25 Mei 2024 malam, saat membuka Focus Group Discussion di Kabi Kopi. 

Generasi muda yang melek digital dan dibekali dengan nilai-nilai kebangsaan yang kuat, bisa berperan menjadi agen perubahan dalam proses transformasi untuk mempercepat pencapaian target pembangunan yang telah dicanangkan.

Secara bersamaan pelibatan komunitas pemuda di lingkungan tempat tinggal dalam penguatan literasi digital masyarakat juga sangat diperlukan agar cakupan melek digital secara konsisten meluas. 

Kolaborasi para pemangku kepentingan dan masyarakat dalam membentuk generasi muda sebagai agen perubahan, menurut Firdaus, sangat penting untuk membangun literasi digital masyarakat. Dengan semakin luasnya literasi digital masyarakat, Firdaus berharap, upaya ini untuk mengakselerasi pembangunan di sejumlah sektor, bisa direalisasikan, bukan saja pemuda hanya untuk melihat tapi penuh aksi yang baku, tandasnya.

Senada dengan Pengusaha Socolatte Pidie Jaya, Irwan mengatakan, Lewat digitalisasi, pelaku UMKM dapat menjangkau pasar lebih luas dengan jumlah konsumen yang lebih banyak.

Menurutnya, teknologi digital yang digerakkan oleh anak-anak muda penuh ide kreatif dan segar baik di gampong maupun kabupaten telah membantu banyak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk bangkit dan kembali bergerak roda ekonominya.

 " kita pemuda harus mempunyai Mimpi Besar, jangan apatis dalam semua hal untuk mencoba," jelas Owner Socolatte Aceh. 

Dedi Saputra, Ketua Pelaksana Focus Group Discussion (FGD) mengatakan kegiatan malam ini merupakan implentasi kawan - kawan dari Generasi Positif (GENPOS) untuk menerik asupan minat pemuda di Kabupaten Pidie Jaya. 

"Kegiatan FGD ini bukan orderan dari politisi tetapi murni gerakan kita pemuda yang berada di luar Pidie Jaya untuk kemajuan dan kembangnya generasi muda di Nanggroe Japakeh," terangnya. 

Pantauan di acara diskusi begitu hangat dengan berlomba - lomba mengajukan instruksi untuk berbicara, mungkin dikarenakan ini merupakan awal pertama kita gelar FGD untuk mencari aspirasi - aspirasi dari akar rumput (bawah). 

Peserta yang hadir merupakan perwakilan pemuda 222 Gampong, forum Keuchik, panguyuban, organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan, komunitas dan pelaku usaha muda, pangkas Dedi. (**)
×
Berita Terbaru Update