Notification

×

Iklan ok

Pemerintah Gampong Reubat, Gelar Sosialisasi Pencegahan Penyakit Menular dan Tidak Menular

Rabu, 26 Juni 2024 | 11.33 WIB Last Updated 2024-06-26T04:33:42Z
GEMARNEWS.COM , PIDIE - Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie dalam Hal ini Puskesmas Mutiara berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dengan cara hidup bersih dan sehat dapat dilakukan dari kebiasaan sehari-hari. Mulai dari menjaga pola makan hingga menyetop berbagai kebiasaan buruk.

Dengan melakukan Sosialisasi Pencegahan Penyakit Menular dan Tidak Menular Tahun 2024 di Gampong Reubat, Rabu , 26 juni 2024.

Geuchik Gampong Reubat, Hasanuddin mengatakan Penyakit menular dapat saja terjadi di Lingkungan kita, jika masyarakat kita tidak menjaga lingkungan nya,mari sama sama kita Lakukan Gotong Royong di sekitar rumah kita, mari kita lakukan Pencegahan karena pencegahan lebih baik dari pada mengobati, mari kita jaga kesehatan kita sebelum kita sakit, Periksa Kesehatan kita secara berkala kepada Puskesmas terdekat kita, tuturnya. 

Camat Mutiara Timur, Marzuki, SH, MM mengatakan Dana Desa Yang begitu besar di kuncurkan pemerintah Pusat harus tepat sasaran dan tepat guna, sehingga bermanfaat bagi keberlangsungan Kehidupan Masyarakat Gampong.

Kepala Puskesmas Mutiara ,dr.Nora Asrida mengatakan dalam paparan materi nya, Sosialisasi Germas Dalam Upaya Pencegahan Penyakit Menular Dalam Mendukung Transformasi Kesehatan Hal ini terkait dengan kondisi kesehatan masyarakat Indonesia yang masih rentan terhadap berbagai jenis penyakit menular seperti infeksi saluran pernapasan, diare, demam berdarah, dan lain sebagainya.

Dalam upaya mendukung Transformasi kesehatan, Germas menjadi salah satu strategi yang dianggap efektif dalam mendorong masyarakat untuk lebih peduli terhadap kesehatan dan melakukan tindakan pencegahan sejak dini. 

Dalam konteks pencegahan penyakit menular, sosialisasi Germas dapat dilakukan dengan cara mengedukasi masyarakat tentang cara-cara mencegah penyebaran penyakit menular, seperti rajin mencuci tangan, menjaga kebersihan lingkungan, makanan bergizi dan seimbang. Selain itu, sosialisasi Germas ini mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan tubuh dengan cara menjalani gaya hidup sehat, seperti berolahraga secara teratur dan tidur yang cukup.pungkasnya.pungkasya.

Membiasakan Hidup Bersih

Langkah awal untuk hidup lebih bersih dan sehat adalah dengan membiasakan hidup bersih. Menjaga kebersihan diri tak hanya dengan mandi dua kali sehari, tetapi juga dengan mencuci tangan sebelum makan dan setelah beraktivitas, rajin menggosok gigi, dan menjaga barang-barang yang Anda kenakan tetap bersih.
Gunakan sabun dan air untuk membersihkan diri agar tubuh terhindar dari bahaya penyakit menular serta penyebaran bakteri.

Jaga Pola Makan

Dalam upaya menjaga kebersihan dan kesehatan, Anda juga perlu menjaga pola makan tetap terjaga. Perhatikan makanan apa saja yang akan dimakan serta kandungan gizi yang Anda butuhkan. Hal ini dilakukan agar pola makan Anda seimbang.Himbauan nya. 

Tamu Hadir, Kepala Puskesmas Mutiara, dr. Nora Asrida, Bidan Desa Gampong Reubat, Thaibatun Nisa, S.Kep, Camat Mutiara Timur, Marzuki, SH, MH, Kasi DPMG, Abdul Wahed,Pendamping Desa,Safrizal , Geuchik Gampong Reubat, Hasanuddin, Sekdes, Jufriadi, Masyarakat Gampong, Lansia. 



×
Berita Terbaru Update