Notification

×

Iklan ok

Refleksi 17 Tahun Berdirinya Kabupaten Pidie Jaya, Apa Yang Harus Dibenah?

Sabtu, 15 Juni 2024 | 22.47 WIB Last Updated 2024-06-15T15:56:25Z

Oleh : Ridha Ummami, S.H.
Alumni Fakutas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry Banda Aceh 

Gemarnews.com, Opini -  Tanggal 15 Juni 2024, Kabupaten Pidie Jaya merayakan ulang tahunnya yang ke-17. Perjalanan hampir dua dekade ini merupakan waktu yang penuh tantangan dan pencapaian bagi kabupaten yang terletak di Provinsi Aceh ini. 

Refleksi terhadap perkembangan dan perubahan yang terjadi selama 17 tahun ini menjadi penting untuk memahami bagaimana Pidie Jaya telah tumbuh dan bertransformasi. 

Pidie Jaya lahir dari semangat desentralisasi dan otonomi daerah yang diusung oleh pemerintah Indonesia pada awal abad ke-21. Yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Pidie bertujuan untuk mempercepat pembangunan dan mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat di wilayah yang baru terbentuk.

Terbentuknya Pidie Jaya diharapkan dapat memberikan kesempatan yang lebih baik untuk perencanaan pembangunan yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan lokal. 

Sejak berdiri, Pidie Jaya telah menunjukkan berbagai perkembangan, Pembangunan jalan dan jembatan yang menghubungkan berbagai kecamatan di Pidie Jaya telah memperbaiki konektivitas dan aksesibilitas antar wilayah, Pengembangan fasilitas kesehatan dan pendidikan juga meningkat, dengan dibangunnya beberapa puskesmas dan sekolah di berbagai kecamatan. 

Namun, peningkatan fasilitas juga harus dibarengi dengan kualitas sumber daya manusia yang mumpuni, Meskipun fasilitas pendidikan dan kesehatan sudah dibangun, kualitas pelayanan dan aksesibilitas masih perlu ditingkatkan.

Peningkatan kompetensi tenaga pengajar dan tenaga kesehatan menjadi prioritas utama. Sampai saat ini, Sektor pertanian menjadi tulang punggung perekonomian Pidie Jaya. 

Dalam hal upaya peningkatan produksi padi, kelapa sawit, dan kakao mestinya pemerintah Pidie Jaya mengambil peran signifikan untuk memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat khususnya petani. 

Diversifikasi ekonomi dengan pengembangan sektor perikanan dan pariwisata harus lebih digalakkan guna meningkatkan kunjungan wisatawan lokal dan domestik, Pidie Jaya sebenarnya mempunyai Potensi Pariwisata yang besar seperti Museum Pidie Jaya, Mesjid Islamic Center Pidie Jaya, Pantai Meurah Seutia Meureudu (Pantai Manohara), Pantai Kiran (Jangka Buya), Pantai Laut Khutang, mesjid-mesjid bersejarah dan masih banyak lagi. 

Program-program pemberdayaan perempuan dan pemuda masih sangat terbatas di pidie jaya, pelaksanaan program pelatihan yang kerap digelar bukan merupakan bentuk program yang berkelanjutan melainkan hanya sekedar kegiatan seremonial untuk menghabiskan anggaran, kita berharap pemerintah pidie jaya mengkaji ulang terkait hal ini sehingga program yang akan dilaksanakan kedepan dapat membuka peluang usaha bagi masyarakat Pidie Jaya. 

Tingkat kemiskinan masih menjadi isu yang harus ditangani. Program pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan sosial harus terus ditingkatkan agar dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, data Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh mencatat tidak ada penurunan signifikan penduduk miskin di Pidie Jaya dalam rentang waktu 3 tahun terakhir, tahun 2021 (19,55 Persen ), 2022 (18,45 Persen), 2023 (18,40 Persen) Melihat perjalanan 17 tahun Kabupaten Pidie Jaya, terdapat banyak hal yang patut diapresiasi namun tak sedikit pula hal yang harus segera dibenahi. 

Pidie Jaya memiliki potensi besar untuk menjadi daerah yang maju dan sejahtera. Pemerintah daerah, bersama dengan seluruh elemen masyarakat, perlu terus bekerja sama dan berinovasi dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada, terlebih tahun 2024 Pidie Jaya akan kembali menggelar Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati masyarakat harus lebih teliti dan jeli dalam melihat visi misi yang akan di paparkan oleh para calon Bupati dan wakil Bupati dalam beberapa bulan kedepan, semoga pemimpin Pidie Jaya yang terpilih ke depan mampu membawa Pidie ke arah yang lebih baik Refleksi 17 tahun berdirinya Kabupaten Pidie Jaya bukan hanya tentang melihat ke belakang, tetapi juga sebagai momentum untuk merencanakan masa depan yang lebih baik. 

Dengan semangat gotong royong, kerja keras, dan komitmen bersama, Pidie Jaya dapat terus bergerak maju menuju pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya. Semoga Kabupaten Pidie Jaya semakin berjaya di tahun-tahun mendatang.

#17tahun #pidiejaya #harijadi
×
Berita Terbaru Update