Notification

×

Iklan ok

Aceh Utara Kirim 120 Atlet ke Even POPDA XVII di Aceh Timur

Jumat, 05 Juli 2024 | 20.42 WIB Last Updated 2024-07-05T13:43:04Z

Gemarnews.com, Lhoksukon - Pemerintah Kabupaten Aceh Utara mengirim 120 orang atlet untuk mengikuti even Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Aceh ke-XVII tahun 2024. Even tersebut berlangsung di Kota Idi Kabupaten Aceh Timur pada tanggal 6 sampai dengan 13 Juli 2024.

Kontingen Aceh Utara yang berkekuatan 120 atlet tersebut akan bertanding di 13 cabang olahraga (Cabor), terdiri dari 83 putra dan 37 putri. Dengan rincian untuk cabor atletik sebanyak 7 atlet, sepakbola 18 atlet, bola volley 12 atlet, bola basket 10 atlet, sepak takraw 5 atlet, pencak silat 13 atlet, bulu tangkis 8 atlet, tenis meja 8 atlet, karate 9 atlet, taekwondo 11 atlet, panahan 7 atlet, anggar 9 atlet, dan tinju 3 atlet.
Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Aceh Utara M Nasir, SSos, MSi, mengatakan para atlet tersebut turut didampingi oleh dua orang manager, 13 pelatih dan 14 asisten pelatih. Tim medis sebanyak 2 orang, serta sejumlah panitia/ofisial. 

“Kontingen Aceh Utara akan kita lakukan pelepasan pada Sabtu pagi besok dilakukan langsung oleh Bapak Penjabat Bupati Dr Mahyuzar, MSi. Alhamdulllah, semua anggota kontingen, baik atlet, pelatih maupun ofisial dalam kondisi fit dan siap menuju ke arena POPDA XVII di Aceh Timur,” kata M Nasir, Jumat, 5 Juli 2024.

Kata dia, POPDA tahun ini mempertandingkan sebanyak 16 cabang olahraga. Namun Kabupaten Aceh Utara hanya mengikuti 13 cabor sesuai dengan kuota atlet dan kemampuan daerah. Cabor yang tidak diikuti adalah tenis lapangan, tarung derajat dan kempo. “Tidak ada pelajar yang berhasil lolos seleksi pada ketiga cabor tersebut,” kata Nasir. 
Para atlet POPDA tersebut adalah pelajar dan siswa dari seluruh sekolah di Aceh Utara yang lolos seleksi yang diadakan Disporapar Aceh Utara pada Februari 2024.

Nasir menambahkan pihaknya mengandalkan sejumlah cabor yang diprediksi akan merebut medali emas pada perhelatan PODA kali ini. Yakni pada cabang sepakbola, bola volley, pencak silat, atletik, tinju dan taekwondo. “Itu cabang-cabang andalan kita yang insyaAllah bisa merebut emas, prediksi ini berdasarkan pantauan dan monitoring yang terus kita lakukan sejak atlet-atlet masuk tahap training dan pemusatan latihan,” ungkapnya. 

Nasir sangat mengharapkan para atlet POPDA Aceh Utara nantinya dapat memaksimalkan seluruh potensi diri dalam bertanding, begitupun tetap menjaga sportivitas dan nilai-nilai persahabatan. Kontingen Aceh Utara selama berada di Kota Idi akan menempati gedung SD Negeri 6 Idi Aceh Timur.(Red)
×
Berita Terbaru Update