Notification

×

Iklan ok

Dayah Darul Fikri Aceh Gelar Pelatihan Imam Masjid Berkualitas

Senin, 22 Juli 2024 | 18.17 WIB Last Updated 2024-07-22T11:17:31Z

GEMARNEWS.COM, BANDA ACEH - Dayah Darul Fikri Aceh mengadakan pelatihan dan magang imam mesjid dan meunasah se - Provinsi Aceh tahun 2024 selama 14 hari, dengan tema "Menumbuhkan Imam yang Berkualitas", dimulai kamis s.d Rabu (06 - 19 Juli 2024).

Kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Dayah Aceh,  dilaksanakan di Dayah Darul Fikri Aceh, Gampong Jawie, Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar, yang diikuti 20 utusan dari berbagai daerah di Aceh.

Kegiatan ini dibuka oleh Kadis Pendidikan Dayah Aceh yang diwakili oleh Bapak Andriansyah, S.Ag., MH.  Kabid Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) Dinas Pendidikan Dayah Aceh.

Andriansyah menyampaikan imam masjid mempunyai peran dan kedudukan sangat penting dalam membimbing masyarakat terutama membimbing shalat berjamaah.

Peran imam masjid juga untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah dan lebih khususnya adalah menyampaikan informasi-informasi kepada masyarakat tentang pelaksanaan syariat islam.

"fungsi dan peran integral seorang imam adalah bagaimana mengajak orang supaya mau shalat berjamaah," ujar Andriansyah.

Tujuan pelaksanaan kegiatan pelatihan imam masjid ini untuk mempertajam pengetahuan ilmu agama dan peningkatan pengetahuan keimaman sekaligus untuk mengajak umat supaya dapat memakmurkan masjid.

"Jadi inilah salah satu program yang sangat luar biasa dimana dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan kualitas dan kapasitas imam khususnya di masjid-masjid yang ada di aceh," ucap Andriansyah.

Ia menyebutkan, pembekalan imam masjid  difokuskan membuka cakrawala berfikir, pembinaan para kader, dan menjadikan imam sebagai teladan serta sebagai sarana silaturrahim dan komunikasi dalam kehidupan bermasyarakat. 

"Kita berharap melalui acara ini kedepan imam harus lebih serius dalam menyikapi persoalan-persoalan umat," pintanya.

Menurutnya, peran tugas seorang imam bukan hanya di masjid saja, akan tetapi juga harus bisa membuat masyarakat tertarik untuk melaksanakan ibadah secara berjamaah.

Pembina Dayah Darul Fikri Aceh, Tgk. H. Afrial Hidayat, Lc,. MA. menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Dayah Aceh yang telah memberikan kepercayaan kepada Dayah Darul Fikri Aceh sebagai pusat pemondokan peserta pelatihan dan magang imam mesjid dan meunasah se-Provinsi Aceh tahun 2024.

Afrial juga menjelaskan, pelatihan imam masjid se - Aceh ini merupakan salah satu upaya mempersiapkan calon imam yang mampu dan profesional dalam menjalankan fungsi dan perannya dalam pembinaan spritualitas masyarakat, menambah pengalaman, keilmuan, dan wawasan para imam masjid sehingga jamaah masjid bisa merasakan ketenangan, kenyamanan dan kekhusyu'an saat salat," jelas Afrial.

Turut hadir pada kegiatan ini, Tokoh Pendidikan Aceh Tgk. H. Makhyarudin Yusuf, Kabid. Pembinaan SDM Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Bapak. Andriansyah, S.Ag., MH. Kepala Seksi Pengkaderan Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Ibu Fauziyah, S.Ag.,M.Si, dan Pembina Dayah Darul Fikri Aceh, Tgk. H. Afrial Hidayat, Lc,. MA. (*)
×
Berita Terbaru Update