Notification

×

Iklan ok

KH Muharir Asyary , Harapkan Umat Islam Hidup Istiqamah

Sabtu, 06 Juli 2024 | 19.50 WIB Last Updated 2024-07-06T12:50:22Z
GEMARNEWS.COM , BANDA ACEH - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Aceh Ustaz Dr KH Muharir Asyary Lc M.Ag mengharapkan umat Islam hidup dengan istiqamah. Jalani hidup dengan istiqamah dan teguh dalam iman, aqidah, dan ibadah. 

“Hidup di dunia hanya sebentar, sedangkan hidup di akhirat yang lebih utama dan kekal selamanya,” ungkap Ustaz Muharrir dalam Kuliah Shubuh di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Sabtu, (6/7/2024).  

Ia menyampaikan, seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah, "Jelaskan kepadaku sehingga aku tidak bertanya lagi." Rasulullah menjawab, "Amantu Billah wa Istiqamah" (Berimanlah kepada Allah dan istiqamah).

Menurut Ustaz Muharrir, beriman kepada Allah mencakup iman dalam hati, perkataan, dan perbuatan. Dengan kata lain, iman dalam aqidah, ibadah, dan akhlak. Sementara istiqamah adalah tegak lurus dalam melakukan suatu amalan atau konsisten dan tidak berubah dalam menjalankan amal baik terhadap Allah.

Al-Quran dalam surah Al Ahqaf ayat 13 dan 14 menjelaskan, orang yang mengatakan "Tuhan kami adalah Allah," kemudian mereka tetap istiqamah, mereka adalah penghuni surga yang kekal di dalamnya.

“Dalam istiqamah, Allah akan menguji manusia dengan berbagai macam ujian. Diuji dengan nikmat untuk melihat apakah mereka bersyukur, atau diuji dengan musibah untuk melihat apakah mereka bersabar,” ungkapnya.

Ustaz Muharrir menambahkan, jika diuji dengan nikmat seperti harta, jabatan, dan anak-anak, kita harus bersyukur. Allah berfirman, "Bila kamu bersyukur atas nikmat-Ku, maka akan Kutambah nikmat-Ku padamu. Tapi bila kamu kufur, maka azab-Ku sangatlah pedih" (Q.S. Ibrahim: 7).

Jika diuji dengan musibah seperti berkurangnya harta, kita harus bersabar karena semuanya atas kehendak Allah. Allah berfirman dalam Surat Al-Baqarah ayat 153, "Jadikan sabar dan shalat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar, pungkasnya. 
×
Berita Terbaru Update