Notification

×

Iklan ok

Pj Ketua TP-PKK Aceh Apresiasi Penurunan Stunting di Pidie Jaya

Selasa, 30 Juli 2024 | 00.02 WIB Last Updated 2024-07-29T17:05:33Z

Gemarnews.com, Pidie Jaya - Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Aceh, Mellani Subarni, mendorong upaya penurunan stunting di Kabupaten Pidie Jaya, melalui Implementasi Rumoh Gizi Gampong (RGG) yang berlangsung di Kantor Camat Bandar Baru, Pidie Jaya, Senin (29/7/2024). 


Mellani menekankan pentingnya RGG sebagai model intervensi yang terintegrasi, untuk pencegahan dan penanganan stunting di tingkat gampong.


“Melalui RGG, diharapkan peran lintas sektor dapat saling mendukung dan berkontribusi dalam penanganan stunting hingga ke tingkat terbawah,” kata Mellani.


Menurut istri dari Bustami Hamzah, Pj Gubernur Aceh itu, pentingnya dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintahan desa dan instansi terkait dalam penanganan stunting secara terintegrasi. “Penanganan stunting menjadi prioritas pemerintah, dengan target penurunan angka stunting menjadi 14% pada tahun 2024. Untuk mencapai target tersebut, diperlukan kerja sama yang erat antara semua pihak, baik di tingkat pusat, provinsi, kabupaten, hingga desa. Peran desa sangat krusial dalam merencanakan dan menyediakan pembiayaan terkait penanganan stunting,” ujarnya.


Implementasi RGG di Kabupaten Pidie Jaya merupakan bagian dari program yang telah diinisiasi oleh TP PKK Aceh sejak tahun 2021. Hingga tahun 2023, program ini telah menjangkau 13 kabupaten/kota di Aceh, dengan total intervensi terhadap 720 balita stunting dan berisiko stunting. Tahun ini, TP PKK Aceh merencanakan untuk melaksanakan RGG di Sabang, Pidie Jaya, dan Aceh Utara.


Sementra Pj Ketua TP PKK Pijay, Nurbaiti Jailani, melalui  melalui Ketua Pokja 4, Eddy Azwar, yang juga sekaligus sebagai Kadinkes dan KB Pidie Jaya  menyampaikan ucapan terimakasih kepada Penjabat (Pj) Ketua Tim TP-PKK yang telah memilih Pijay sebagai pilot projek implementasi RGG bersama 2 Kabupaten lainnya yaitu Sabang dan Aceh Utara.


"Pidie Jaya telah memilih dari 222 Gampong menjadi pilot projek cuma Dua Desa yaitu Gampong Pohroh dan Balek di Kecamatan Bandar Baru," terang Eddy.


Kita Pidie Jaya InsyaAllah sudah terbentuk Gampong RGG sejumlah 63 Gampong, dalam waktu dekat akan kita latih kader tersebut untuk mempercepat penurunan syuting di Pidie Jaya.


Berdasarkan SKI 2023 Pidie Jaya sudah menurunkan 8,4 persen, dari 37,8 persen menjadi 29,4 persen yang angkanya sama dengan Aceh. (red)

×
Berita Terbaru Update