Notification

×

Iklan ok

PMI Kota Banda Aceh Gelar Aksi Donor Darah Sukarela

Selasa, 16 Juli 2024 | 17.15 WIB Last Updated 2024-07-16T10:15:07Z

 


Gemarnews.com, Banda Aceh - PMI Kota Banda Aceh menyelenggarakan kegiatan donor darah sukarela di Gedung Unit Donor Darah PMI Kota Banda Aceh pada Selasa, 16 Juli 2024. Kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia 2024 ini berhasil mengumpulkan darah sebanyak 200 kantong.


Ketua PMI Kota Banda Aceh, Ahmad Haeqal Asri mengatakan, kegiatan donor darah memperingati HDDS saban tahun digelar. Namun, tahun ini penyelenggaraan melibatkan banyak pendonor dari berbagai pihak. Ia mengucapkan terima kasih atas antusiasme yang tinggi dari para pendonor yang sudah ikut memeriahkan kegiatan, termasuk Pj. Wali Kota Banda Aceh, Ade Surya dan Pj. Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, beserta jajaran SKPK Banda Aceh.


"Alhamdulillah ramai pendonor yang hadir, baik pendonor rutin maupun yang pemula. Tadi kita lihat dari unsur pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum ramai yang ikut donor. Alhamdulillah bahkan Bapak Pj. Wali Kota Banda Aceh dan Bapak Pj. Bupati Aceh Besar ikut donor juga, ini contoh yang patut dijadikan panutan bagi ASN," ujar Haeqal disela kegiatan donor.


Pj. Wali Kota Banda Aceh, Ade Surya dan Pj. Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto datang ke PMI Kota Banda Aceh bersamaan sekitar pukul 11.00 WIB. Kedatangan mereka disambut oleh Ketua PMI Kota Banda Aceh beserta pengurus. Setelah menjalani pemeriksaan kesehatan, Ade Surya dan Muhammad Iswanto mendonorkan darahnya.


Ade Surya mengatakan, kegiatan donor darah sangat penting untuk kehidupan manusia karena aktivitas donor darah memiliki dampak positif untuk orang lain dan pribadi pendonor. Saat menjabat sebagai Kadis Pengairan Aceh, Ade Surya juga rutin melakukan donor darah bersama PMI Kota Banda Aceh.


"Jadi selain sehat, membuat kita bahagia, (donor darah) juga menolong orang yang membutuhkan. Ada satu hal yang penting, kalau sudah pendonor rutin itu sudah sadar untuk ke PMI. Jadi untuk selanjutnya bagaimana PMI ini harus mencari pendonor pemula, agar menjadi pendonor rutin," ujar Ade Surya di sela donor darah.


Ade menuturkan, dengan bertambahnya pendonor pemula akan menambah jumlah pendonor sukarela di PMI Kota Banda Aceh. Pendonor pemula, kata Ade, juga harus diberikan apresiasi agar mereka nyaman dan mau secara sukarela rutin berdonor darah.


"Mudah-mudahan kegiatan rutin ini berjalan baik dan bermanfaat baik bagi mereka yang membutuhkan," turut Ade.


Pj. Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto mengatakan, kedatangannya hari ini ke PMI Kota Banda Aceh untuk donor darah karena sudah masuk jadwal donor darah. Diketahui, Muhammad Iswanto merupakan salah satu pendonor rutin di PMI Kota Banda Aceh.


"Biasa saya donor kalau nggak di Kantor Bupati Aceh Besar, langsung ke Kantor PMI Kota Banda Aceh," ujarnya.


Dalam kesempatan itu, Iswanto mengajak masyarakat Aceh Besar agar ikut mendonorkan darahnya karena ada banyak juga masyarakat Aceh Besar yang membutuhkan darah. "Mari kita yang masih diberikan kesehatan ini terus melakukan donor darah agar darah kita bisa digunakan, dimanfaatkan oleh pasien-pasien yang sedang di rumah sakit," kata Iswanto.


**Apresiasi Kepada Pendonor*

Peringatan HDDS tahun ini mengambil tema "Merayakan 20 Tahun Memberi: Terima Kasih, Para Pendonor Darah". Tema ini dimaksudkan sebagai bentuk ungkapan terima kasih kepada para pendonor darah di seluruh dunia atas kontribusi dan sumbangsih mereka yang telah memberi dampak positif dan membantu menyelamatkan nyawa pasien di rumah sakit.


Menurut Haeqal, aktivitas donor darah sangat bernilai karena bisa menyelamatkan nyawa saudara yang sedang membutuhkan darah di rumah sakit. Karenanya, tambah Haeqal, kehadiran pendonor juga menjadi penting dan patut diberi apresiasi. Ia berharap, warga Kota Banda Aceh bisa menjadikan donor darah sebagai bagian gaya hidup sehatnya agar pasien di rumah sakit yang membutuhkan darah tidak sulit mendapatkan darah.


"Alhamdulillah kesadaran masyarakat untuk donor darah sudah meningkat. Tapi akan lebih baik jika donor darah itu sudah menjadi budaya dan gaya hidup. Ini harapan kita karena donor darah sangat banyak manfaatnya," tutur Haeqal.


Pada kegiatan HDDS ini, PMI Kota Banda Aceh menyiapkan kudapan berupa umbi-umbian kepada pendonor. Selain itu, sebanyak 75 pendonor mendapatkan inhaler dari Young Living Indonesia, dan 100 pendonor lainnya akan mendapatkan tumbler dari PMI Kota Banda Aceh.


Dalam rangka memperingati HDDS 2024, PMI Kota Banda Aceh menyelenggarakan serangkaian acara seperti aksi donor darah sukarela, lomba video donor darah, penyerahan piagam penghargaan bagi pendonor rutin dan instansi, serta penarikan undian donor darah yang akan dilakukan pada September mendatang.

×
Berita Terbaru Update