Notification

×

Iklan ok

120 Media Afiliasi Muhammadiyah Hadiri Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah 2024

Sabtu, 24 Agustus 2024 | 12.51 WIB Last Updated 2024-08-24T05:51:32Z

 


SOLO, GEMARNEWS.COM - Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah bersama Lembaga Budaya, Seni dan Olahraga (LBSO) PP Muhammadiyah menggelar Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah 2024 di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Solo, Sabtu (24/8/2024).


Dalam laporannya, ketua Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Dr Muchlas, MT mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah 2024 yang merupakan usulan dari MPI ini.


Muchlas menjelaskan salah satu contoh dari Muhammadiyah sangat peduli dengan literasi adalah dengan adanya Majalah Suara Muhammadiyah (SM) yang tetap eksis hingga saat ini dan telah berumur lebih dari 100 tahun.


“kini kami sedang melakukan riset  melacak edisi SM pertama kali terbit, tapi ada kendala, karena edisi pertama SM ada di museum Leiden Belanda,” kemudian Muchlas menambahkan bahwa Muhammadiyah berhasil menemukan arsip majalah SM edisi ke-2 yang terbit tahun 1915 M (1333H).


Lalu diusulkanlah tanggal 13 Agustus saat Suara Muhammadiyah pertama kali terbit sebagai Hari Pers dan Literasi Muhammadiyah. “Tanggal 13 Agustus sebagai Hari Pers dan Literasi Muhammadiyah akan diperingati setiap tahun,” kata Muchlas.


Lebih lanjut, Muchlas menambahkan ada 3 tradisi dalam Muhammadiyah yang harus terus dijaga yaitu membaca, menulis dan mendokumentasikan.


Sebagai informasi setidaknya ada 120 media afiliasi Muhammadiyah dari seluruh Indonesia yang turut hadir dalam kegiatan Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah 2024 di Surakarta kali ini. Selain itu akan ada pagelaran seni budaya pada malam harinya. (red)


×
Berita Terbaru Update