Notification

×

Iklan ok

Dayah Darul Fikri Aceh Gelar Pelatihan dan Magang Guru Al-Qur'an se-Provinsi Aceh 2024

Selasa, 06 Agustus 2024 | 19.34 WIB Last Updated 2024-08-06T12:34:15Z

GEMARNEWS.COM, BANDA ACEH - Dayah Darul Fikri Aceh mengadakan pelatihan dan magang guru Al-Qur'an se - Provinsi Aceh tahun 2024 dengan tema "Melahirkan Guru Al-Qur'an yang Inovatif, Kreatif, Handal dan Profesional." Kegiatan ini dilaksanakan selama 14 hari dari 5-18 Agustus 2024.

Kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Dayah Aceh, dilaksanakan di Dayah Darul Fikri Aceh, Gampong Jawie, Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar, yang diikuti 21 utusan dari empat kabupaten, yaitu perwakilan aceh tenggara, aceh tamiang, aceh singkil, dan subulussalam.

Kegiatan ini dibuka oleh Kadis Pendidikan Dayah Aceh yang diwakili oleh ibuk Fauziah, S. Ag,. M.Si. Kasi Pengkaderan Dinas Pendidikan Dayah Aceh.

Fauziah menyampaikan guru Al-Qur'an mempunyai peran dan kedudukan sangat penting dalam membimbing masyarakat terutama dalam mengajarkan Al-Qur'an dengan baik dan benar.

Peran guru Al-Qur'an juga untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah dan lebih khususnya adalah menyampaikan informasi-informasi kepada masyarakat tentang pelaksanaan syariat islam.

"fungsi dan peran integral seorang guru Al-Qur'an adalah bagaimana mengajak orang supaya mau belajar dan mengajar Al-Qur'an," ujar Fauziah.

Tujuan pelaksanaan kegiatan pelatihan dan magang guru Al-Qur'an ini untuk mempertajam pengetahuan metode tahsin, tahfidz, pengajaran yang menyenangkan serta mempertajam ilmu agama dan peningkatan pengetahuan keimaman sekaligus untuk mengajak umat supaya senang dalam membaca dan mengajarkan Al-Qur'an," ucap Fauziah.

Ia menyebutkan, pelatihan dan magang guru Al-Qur'an difokuskan membuka cakrawala berfikir, pembinaan para kader, dan menjadikan guru Al-Qur'an sebagai teladan serta sebagai sarana silaturrahim dan komunikasi dalam kehidupan bermasyarakat. 

"Kita berharap melalui acara ini kedepan guru Al-Qur'an harus lebih serius dalam menyikapi persoalan-persoalan umat," pintanya.

Pembina Dayah Darul Fikri Aceh, Tgk. H. Afrial Hidayat, Lc,. MA. menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Dayah Aceh yang telah memberikan kepercayaan kepada Dayah Darul Fikri Aceh sebagai pusat pemondokan peserta pelatihan dan magang guru Al-Qur'an  se-Provinsi Aceh tahun 2024.

Afrial juga menjelaskan, pelatihan dan magang guru Al-Qur'an se - Aceh ini merupakan salah satu upaya mempersiapkan calon guru Al-Qur'an yang mampu dan profesional dalam menjalankan fungsi dan perannya dalam pembinaan spritualitas masyarakat, menambah pengalaman, keilmuan, dan wawasan para guru Al-Qur'an sehingga masyarakat bisa merasakan ketenangan dan kenyamanan dalam membaca dan mengajarkan Al-Qur'an ," jelas Afrial.

Sementara itu, Pimpinan Dayah Darul Fikri Aceh, Tgk. Mahmudi, S.IP. menyampaikan sangat bersyukur atas terlaksana pelatihan dan magang ini, karena program ini merupakan langkah penting dalam membentuk masyarakat yang sholeh dan islami, dimana sikap dan perilaku masyarakat dibingkai oleh ajaran, norma, aturan, serta kaidah-kaidah agama. 

“Terwujudnya kehidupan masyarakat yang sholeh tidak dapat dicapai sekaligus, melainkan melalui proses bertahap yang mengarah pada kesadaran dan keikhlasan masyarakat dalam melaksanakan ajaran agama. Dalam proses ini, peran guru Al-Qur'an sangat penting,” katanya.

Turut hadir pada kegiatan ini, Kepala Seksi Pengkaderan Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Ibu Fauziyah, S.Ag.,M.Si, Tokoh Pendidikan Aceh Tgk. H. Makhyarudin Yusuf, dan Pembina Dayah Darul Fikri, Tgk. H. Afrial Hidayat, Lc,. MA.
×
Berita Terbaru Update