Notification

×

Iklan ok

Dilepas, Kirab Api PON XXI 2024 Menuju 23 Kabupaten/Kota di Aceh

Kamis, 29 Agustus 2024 | 09.07 WIB Last Updated 2024-08-29T02:07:29Z


 

SABANG, GEMARNEWS.COM - Estafet obor Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 resmi dimulai pada Selasa (27/8/2024). Sumber api diambil di Gunung Berapi Jaboi, Sabang.


Estafet obor diawali dengan prosesi pengambilan belerang di gunung Merapi Jaboi dan pengapian di tempat wisata tersebut. Obor kemudian diarak oleh para pelari menuju mobil.


Tiba di mobil, obor dibawa oleh tiga orang camat dari seluruh kecamatan yang ada di Sabang menggunakan mobil menuju Tugu Menara Merah Putih.


Dari sana, obor diarak dengan iring-iringan sejumlah atraksi sambil menuju Tugu Sabang Marauke. Di sini, obor diterima oleh Penjabat Wali Kota Sabang, Andri Nourman, dan selanjutnya diserahkan kepada pelari.


Rombongan obor api kemudian menuju chek point keberangkatan Pangkalan TNI AL Sabang. Dari Pangkalan TNI AL, rombongan menuju Pelabuhan Balohan menggunakan kendaraan dan selanjutnya berangkat ke Banda Aceh.


Selanjutnya, obor akan diarak menuju Aceh Jaya serta kabupaten/kota lainnya dan finis di Banda Aceh pada 6 September 2024.


Pj Wali Kota Sabang, Andri Nourman mengatakan, kirab api PON XXI di kota itu berjalan dengan lancar. Sabang sebagai daerah wisata siap menyambut event olahraga terbesar tanah air itu.


"Kirab PON XXI adalah sejarah bagi kita, dimulai dari Sabang pada 27 September, Alhamdulillah berjalan lancar walaupun cuaca hujan," kata Andri Nourman.


Andri menyebutkan ada empat venue dari tiga venue yang dipertandingkan di Kota Sabang. Kesiapan venue tersebut terus dikebut dan saat ini sudah mendekati 100 persen. "Ada empat venue dari 3 cabor di kota Sabang, progres sudah mendekati 100 persen," pungkasnya. (MC/MAD/Info Publik)

×
Berita Terbaru Update