Notification

×

Iklan ok

Seminar Raya, Rekomendasikan Hari Lahir Pidie,, 18 September 1511 M,,

Rabu, 31 Juli 2024 | 20.23 WIB Last Updated 2024-08-01T15:24:09Z

GEMARNEWS.COM , SIGLI – Sejarah Negeri Kupiah Meukutop menjadi hari lahir Pidie dengan menetapkan 22 Jumadil Akhir 917 H atau 18 September 1511 Masehi. Hal itu disepakati dalam Seminar Raya Hari Jadi Pidie, di Oproom sekdakab Pidie, Rabu 31 Juli 2024.

Amatan langsung Atjehwatch.com, Seminar Raya itu merupakan kelanjutan dari kegiatan Focus Group Discussion (FGD)-1 dan FGD-2 sesuai dengan Term Of References (TOR) Pengkajian Hari Jadi Pidie yang telah dibahas dan disepakati dan ditandatangani oleh Tim Perumus pada tanggal 27 Mei 2024 lalu

Dalam FGD Penetapan hari jadi Pidie tersebut dipaparkan makalah 1 dengan judul ”Pidie Merangkai Identitas.”

Tim Perumus Hari Jadi Pidie, diwakili oleh Junaidi Ahmad, S.Ag., M.H (Author : Materi Sejarah) Advokat dan Peminat Adat dan Budaya/Dosen Fakultas Hukum Unigha Sigli, kemudian Dr. Drs. H. Nadhar Putra, M.Si (Author: Metodologi Riset) ASN Pemerintah Aceh/Dosen Program Pasca Sarjana UNMUHA dan UNIDA Banda Aceh.

Sementara pemakalah 2 dengan judul yang disarankan “Adat dan Budaya Pidie dalam sejarah”, yang disampaikan oleh Drs. Nab bahany Budayawan Aceh, dan pemakalah 3 dengan judul yang disarankan “Fakta-Fakta Arkeologis Kesultanan Pedir”, dijelaskan oleh Dr. Husaini Ibrahim, MA selaku Sejarawan dan kademisi USK Banda Aceh.

Untuk pemakalah 4 dengan judul yang disarankan “Bungoeng Kalimah; Inskripsi dan Zakrafah pada Nisan Kesultanan Pedir sebagai Titik Awal Wujud Kedaulatan Islam,” oleh Tgk. Tarmizi A. Hamid Filolog Sejarah Aceh.

Penjabat Bupati Pidie Drs. Samsul Azhar mengatakan jauh sebelum seminar ini dilakukan Pemkab Pidie sudah membentuk tim perumus dengan membuat TOR hingga meneliti mencari fakta di lapangan.

“Berkat kerjasama dan kerja keras tim perumus dan tim ahli hingga menetapkan hari jadi kabupaten Pidie tepat pada pukul 13:04 menit Wib dengan tanggal 22 Jumadil Akhir 917 H, 18 September 1511 M. Berati Pidie sudah berumur 529 tahun hijriah atau 513 tahun Masehi,” katanya.

“Naskah hasil FGD Penetapan hari jadi itu akan kita buat Qanun, dengan memasukkan ke Prolegda tahun 2025, dan kedaulatan Pedir masa lalu sebagai awal pembangunan Pidie berkelanjutan sekarang dan masa mendatang,” ujar Pj.Bupati Pidie. 
×
Berita Terbaru Update