Notification

×

Iklan ok

SMA MUHI Yogya Gelar Workshop Pertukaran Budaya Internasional dari 5 Negara Berbeda

Kamis, 29 Agustus 2024 | 19.52 WIB Last Updated 2024-08-29T12:52:27Z


 

YOGYA, GEMARNEWS.COM - SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (SMA MUHI) kembali menjadi destinasi kunjungan internasional dengan hadirnya kegiatan Culture Exchange Workshop sebagai salah satu rangkaian kegiatan Yogyakarta International Dance Carnival (YIDCarnival).


Kegiatan Culture Exchange Workshop dilaksanakan di Grha As Sakinah, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta pada Senin (26/8). Kegiatan ini diikuti 92 peserta didik kelas X dan XI yang mengikuti ekstrakurikuler tari, musik, dan teater.


YIDCarnival 2024 adalah salah satu kompetisi bergengsi yang melibatkan banyak peserta dari berbagai belahan dunia. Keberhasilan SMA MUHI Yogyakarta ini menjadi momen berharga bagi peserta didik yang bergelut dibidang seni dan diharapkan dapat memotivasi generasi muda Muhammadiyah untuk terus melestarikan serta mengembangkan kekayaan budaya lokal melalui seni tari.


Workshop tari bertaraf internasional ini akan membawa kekayaan budaya dari lima negara berbeda, yaitu Filipina, Kolombia, Botswana, India, dan Korea Selatan. Pada kesempatan ini, tim tari SMA MUHI membawakan penampilan Tari Saman dari Aceh.


Kepala SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Drs. H. Herynugroho, M.Pd. dalam amanatnya mengucapkan selamat datang kepada rombongan dari Filipina, Kolombia, Botswana (Afrika), India, dan Korea Selatan. Menurutnya kegiatan kerja sama internasional ini akan terus dilakukan untuk memberikan motivasi dan pengalaman kepada peserta didik agar siap menghadapi tantangan di era industri 4.0.


Menurutnya, kegiatan ini juga merupakan implementasi program Internasionalisasi Gerakan Muhammadiyah. Internasionalisasi, kata Hery, adalah proyek besar yang bertujuan bukan hanya memperkenalkan tapi menjadikan Muhammadiyah sebagai bagian dari umat Islam global.


“Gerakan ini dibarengi dengan internasionalisasi pemikiran Muhammadiyah. Bismillah semoga peserta didik SMA Muhi dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan berkomunikasi global melalui kegiatan ini” pungkasnya. (*)

×
Berita Terbaru Update