Notification

×

Iklan ok

Untuk Apa Visi Misi Calon Kepala Daerah?

Sabtu, 31 Agustus 2024 | 09.15 WIB Last Updated 2024-08-31T02:15:01Z

Oleh: Muhammad Syukri*

Sering terdengar celotehan warganet atau netizen, untuk apa nyebarkan visi misi. Buang-buang waktu aja, tunjukkan aksi nyata anda. Lalu yang lain nimbrung, bagaimana aksi nyata, duduk aja belum.


Saya tersenyum membaca komentar seperti itu. Bagaimana tidak, komentar tersebut memperlihatkan ketidaktahuan tentang visi misi calon kepala daerah (cakada).


Padahal, visi dan misi seorang cakada wajib dilampirkan sewaktu mendaftar. Dan, seorang cakada yang berniat memajukan suatu daerah, pasti jauh-jauh hari sudah mempublikasikan visi misinya.


Visi seorang kepala daerah atau cakada menggambarkan arah pembangunan atau kondisi masa depan daerah yang ingin dicapai selama masa jabatannya, biasanya dalam periode lima tahun.


Visi ini disampaikan oleh cakada menjelang pemilihan kepala daerah (Pemilukada). Setelah terpilih, visi menjadi panduan dalam merumuskan program-program pembangunan daerah.


Jadi, visi ini merupakan pandangan jangka panjang yang mencerminkan tujuan dan aspirasi kepala daerah untuk memajukan wilayahnya.


Sedangkan misi seorang cakada atau kepala daerah merupakan upaya konkret yang akan dilakukan untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan.


Pernyataan misi ini menjadi panduan dalam melaksanakan program-program pembangunan daerah selama masa jabatannya.


Misalnya, misi dapat berfokus pada memperkuat pertumbuhan ekonomi, penyediaani nfrastruktur, pembangunan kota yang berwawasan lingkungan, atau pengembangan ekonomi kerakyatan. [Sumber LintasGayo.co.red]

 

×
Berita Terbaru Update