Notification

×

Iklan ok

Peresmian Fakultas Kedokteran UM Metro: Awal Baru untuk Pendidikan Kedokteran di Lampung

Kamis, 26 September 2024 | 19.40 WIB Last Updated 2024-09-26T12:40:28Z

Peresmian Fakultas Kedokteran UM Metro: Awal Baru untuk Pendidikan Kedokteran di Lampung

GEMARNEWS.COM, METRO – Universitas Muhammadiyah (UM) Metro secara resmi meluncurkan Fakultas Kedokteran yang telah lama direncanakan. Peresmian ini dihadiri oleh sekitar 200 undangan, termasuk Sekretaris PP Muhammadiyah Izzul Muslimin, Wali Kota Metro dalam hal ini diwakili oleh staf ahli kemasyarakatan dan SDM Kota Metro Silfia Naharani, Kepala Kelembagaan LLDIKTI Wilayah II Win Honani, pimpinan Universitas Muhammadiyah se-Lampung, serta para pimpinan sekolah negeri dan swasta di Kota Metro.

Rektor UM Metro, Dr.Nyoto Suseno,M.Si dalam sambutannya, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam mewujudkan Fakultas Kedokteran. Nyoto menjelaskan bahwa gagasan pembentukan fakultas ini telah muncul sejak tahun 2000, namun tertunda hingga beberapa tahun karena kendala sumber daya manusia (SDM).

“Tahun 2000, Fakultas Kedokteran sudah direncanakan, tetapi hingga 2006 belum terealisasi karena kekurangan SDM. Pada 2016, rencana ini kembali dibentuk, tetapi kami masih menghadapi tantangan yang sama. Kami kemudian menyekolahkan 11 dokter untuk mempersiapkan calon dosen. Akhirnya, pada 2024, fakultas ini dapat direalisasikan meskipun penuh tantangan,” jelas Nyoto.

Ia berharap Fakultas Kedokteran UM Metro mampu mencetak dokter-dokter berkualitas yang dapat memberikan kontribusi besar bagi masyarakat. "Diharapkan Fakultas Kedokteran ini menjadi fakultas yang mencetak dokter-dokter yang berkualitas," tambahnya.

Pada tahun ajaran 2024-2025, Fakultas Kedokteran UM Metro telah siap menerima mahasiswa baru dengan 25 calon mahasiswa yang sudah terdaftar.

Win Honaini,S.H.,M.Si Kepala Kelembagaan LLDIKTI Wilayah II, dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi kepada pemerintah atas transparansi terhadap sekolah-sekolah swasta. Ia juga mengingatkan agar seluruh akademisi di UM Metro tetap mematuhi arahan rektor. "Diharapkan kepada akademisi Universitas Muhammadiyah Metro untuk tetap taat dan patuh pada arahan Rektor UM Metro," tegas Win.

Dr.Silfia Naharani Wahdi, Sp.KKlp, MM, Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM Kota Metro, menyampaikan harapannya agar Fakultas Kedokteran UM Metro menjadi motor penggerak perkembangan pendidikan di Kota Metro. “Fakultas Kedokteran adalah fakultas yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Sekretaris PP Muhammadiyah, M. Izzul Muslimin, S.IP., dalam sambutannya mengutip kata-kata KH Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah. “Jadilah dokter, insinyur, atau master, tetapi kembalilah kepada Muhammadiyah,” ungkap Izzul.

 Ia juga mengingatkan pentingnya kolaborasi antara UM Metro dengan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di Kota Metro serta bekerja sama dengan lembaga-lembaga seperti Majelis Dikti dan Lazismu. (Rendi)

×
Berita Terbaru Update