Notification

×

Iklan ok

Tahun Ajaran Baru, Prodi Pendidikan Biologi Gelar Open Lap Mahasiswa Baru

Senin, 30 September 2024 | 22.46 WIB Last Updated 2024-09-30T15:47:40Z

Tahun Ajaran Baru, Prodi Pendidikan Biologi Gelar Open Lap Mahasiswa Baru


GEMARNEWS.COM, BANDA ACEH -Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh sukses menggelar acara Open Lab bagi mahasiswa baru tahun 2024 pada hari Sabtu, 28. September 2024. 


HMP PBL mengambil peran dalam acara ini dengan menjadi panitia pada Acara ini yang diawali dengan pembukaan di Studio Mini FTK yang dihadiri para dosen-dosen pendidikan biologi dan koordinator lab biologi. 


Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan fasilitas lab biologi, semua kegiatan lab dan juga alat-alat yang ada di laboratorium kepada mahasiswa baru. Ketua prodi pendidikan biologi, Mulyadi, M.Pd mengatakan kegiatan ini wajib diikuti oleh setiap mahasiswa baru.

 

“Kegiatan Open Lab ini penting dan wajib diikuti oleh mahasiswa baru sebagai pembekalan atau pemahaman dasar mengenai laboratorium sebelum memasuki praktikum, oleh karena itu setiap mahasiswa baru untuk bisa mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh”.


Setelah pembukaan di studio mini, para mahasiswa melanjutkan kegiatan ekologi lapangan di Sungai Lamnyong yang diarahkan langsung oleh dosen ekologi, Samsul Kamal, M.Pd. 


Para mahasiswa dijelaskan alat-alat ekologi khususnya diperairan seperti plankton net, ekman grab, ayakan bertingkat, dan lain-lain beserta cara penggunaannya dan dipraktekkan langsung oleh mahasiswa.


Pada sesi selanjutnya, mahasiswa diperkenalkan dengan berbagai laboratorium seperti Lab dasar, lab zoologi, lab botani, dan lab mikro. 


Pengenalan ini dipandu oleh para dosen yang kompeten di bidangnya seperti Nurdin Amin, M.Pd, Nurlia Zahara, M.Pd, Eriawati, M.Pd, Nafisah Hanim, M.Pd dan juga dibantu oleh asisten lab. Mereka diperkenalkan alat-alat di setiap lab beserta cara penggunaannya.


Kegiatan terakhir, mahasiswa melakukan reboisasi tanaman dengan menanam tanaman disekitar lab yang didampingi oleh panitia. 


Ketua umum HMP PBL, M.Iqbal berharap kegiatan ini bisa dimaksimalkan oleh para mahasiswa agar mereka bisa mengetahui banyak hal tentang laboratorium.{**}

×
Berita Terbaru Update