Notification

×

Iklan ok

Dikdasmen PNF PW. Muhammadiyah Aceh: Kesehatan Anak Prioritas Utama Cerdaskan Bangsa

Selasa, 08 Oktober 2024 | 12.41 WIB Last Updated 2024-10-08T05:41:21Z



GEMARNEWS.COM, BANDA ACEH - Kesehatan anak menjadi perhatian Majelis Dikdasmen dan Perndidikan Non Formal Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh, demikian disampaikan Iskandar Muda Hasibuan ditengah-tengah persipan Orientasi Gerakan Nasional Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan yang dipusatkan di Banda Aceh, Program ini merupakan Gerakan Muhammadiyah dalam bidang kesehatan masyarakat. 

Program ini terwujud atas kerjasama Majelis Pembina Kesehatan Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Majelis Dikdasmen dan PNF, Lembaga Pengembangan Pesantren Muhammadiyah dan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah, kegiatan ini akan diikutioleh 15 Sekolah tingkat SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan Pondok Pesantren Muhammadiyah.

Lebih lanjut Hasibuan menjelaskan Sekolah Muhammadiyah yang berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah SMA Muhammadiyah Unggul Berkemajuan Gayo Lues, SMP Muhammadiyah Gayo Lues, SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh, Pontren Baitul Arqam – Sibreh Aceh Besar, Muhammadiyah Boarding School Bireuen, SMP Muhammadiyah Ganda Pura Bireuen.

SMP Muhammadiyah Bireuen, SMP Muhammadiyah Panton Labu Aceh Utara, MTs Gunung Meriah Singkil, Pontren Ihyanussunah Lhokseumawe, SMP Muhammadiyah Unggul Langsa, SMP Muhammadiyah Unggul Kuala Simpang, SMP Muhammadiyah Kutacane, SMP Muhammadiyah Singkil, SMA Muhammadiyah Unggul Subulussalam, MTs Muhammadiyah Krueng Mane Aceh Utara dan SMP Muhammadiyah Kampung Pisang Aceh Selatan.

Kegiatan Orientasi Gerakan Nasional Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan dipusatkan di Asrama Embarkasi Haji dari tanggal 10/11 Oktober 2024 yang Insha Allah yang akan dihari perwakilan Kementerian Kesehatan, MPKU PP Muhammadiyah, Majelis Dikdasmen dan PNF PP Muhammadiyah, LPP PP Muhammadiyah, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah, Dinas Kesehatan Aceh dan Stakeholder lainnya.

Program ini merupakan salah satu kegiatan pemberdayaan masyarakat sebagai bagian dari upaya promosi kesehatan untuk meningkatkan gizi, khususnya mencegah anemia dan stunting bagi siswa dan siswi di 15 Sekolah/Madrasah se-Aceh. Sedangkan kegiatan orientasi dilakukan untuk melatih Kader-kader Muda Muhammadiyah atau yang akan disebut dengan GenMu (Generasi Muhammadiyah).

Selain GenMu, perwakilan orangtua serta guru juga hadir dalam kegiatan orientasi ini. Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan merupakan gerakan meningkatkan cakupan konsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) pada remaja putri di Sekolah, Madrasah dan Pesantren Muhammadiyah yang dilakukan setiap minggu selama tiga minggu yang terdiri dari 4 aktivitas yaitu minum TTD, sarapan sehat halalan thoyyiban, olahraga bersama dan edukasi kesehatan.

×
Berita Terbaru Update