Notification

×

Iklan ok

Fakultas FIKTI Kampus UMMAH Gelar PKM Tingkat Nasional

Minggu, 13 Oktober 2024 | 18.29 WIB Last Updated 2024-10-13T11:29:41Z
Laporan: Fohan Muzakir

GEMARNEWS.COM , TAKENGON - Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FIKTI) Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh (UMMAH) sukses menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tingkat Nasional di Takengon, Aceh Tengah, Sabtu, 12/10/2024.

PKM yang mengusung tema “Peran Teknologi Kecerdasan Buatan dan Adaptif dalam Mewujudkan Manajemen dan SDM yang SMART, Mandiri Pangan, Sadar Hukum, dan Bebas dari gangguan Psikologi” dilaksanakan di SMK Negeri 5 Takengon, Aceh Tengah berkolaborasi dengan tujuh Universitas di Indonesia.

Ketujuh Universitas mitra PKM FIKTI UMMAH yaitu Universitas Prima , Universitas Negeri Medan, Universitas Pamulang, Universitas Malikussaleh, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia, dan Universitas Al-Muslim. 

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari mitra kolaborasi yaitu Nunsina,S.Kom.,M.Kom (UNIMAL), Khairunnisak, S.Pd.,M.Pd (ALMuslim), Maryani S.Psi.,M.Psi.,Psikolog (UMMAH), Mustaqim, M.S.i (UNIMED) dan Emalia Ariska,SE., M.S.M (UNIKI).

Selain itu kegiatan ini diikuti oleh beberapa Program Studi (Prodi) UMMAH yaitu Prodi Hukum, Prodi Psikologi, Prodi Ilmu Komunikasi, dan Prodi Kesehatan Masyarakat. Kegiatan PKM ini juga turut dihadiri oleh Perwakilan Dinas Pendidikan Cabang Takengon. 

“Tema yang kita angkat ini bertujuan untuk mensosialisasi penggunaan Kecerdasan Buatan dalam berbagai bidang yaitu bidang hukum, pertanian, perikanan, pendidikan, Kesehatan, Psikologi, Teknik Industri, dan Inovasi kecerdasan buatan itu sendiri” kata Dekan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi UMMAH Zulaida Rahmi,S.Kom.,M.Sc kepada media Minggu, 13/10/2024.

Zulaida menambahkan, melalui PKM ini menunjukkan pendidikan bukan hanya tentang teori, tetapi juga tentang tindakan nyata yang membawa manfaat bagi orang lain.

“Kegiatan pengabdian masyarakat yang di lakukan diharapkan dapat mempererat hubungan antara Kampus dan masyarakat sekitar, serta menumbuhkan rasa empati dan kepedulian dosen dan mahasiswa terhadap lingkungan sekitar” jelasnya.

“Rencananya kedepan Fakultas FIKTI UMMAH akan terus memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat melalui kegiatan PKM yang dapat dijadikan solusi terhadap permasalahan masyarakat sekitar melalui Teknologi Informasi yang up to date” pungkas Zulaida Rahmi,S.Kom.,M.Sc. ( * ) 
×
Berita Terbaru Update