Notification

×

Iklan ok

Haji Uma dan Komunitas Aceh di Malaysia Kembali Menfasilitasi Pemulangan Jenazah Warga Bener Meriah.

Selasa, 08 Oktober 2024 | 17.20 WIB Last Updated 2024-10-08T10:20:32Z


GEMARNEWS.COM, BENER MERIAH -Senator Aceh Haji Sudirman S. sos (Haji Uma) bersama Persatuan Perantau Aceh Malaysia (PPAM) kembali menfasilitasi proses pemulangan jenazah warga Aceh dari Malaysia, Senin 7/10/2024.


Jenazah yang dipulangkan atas nama Eka Trisna Dewi M.Yusup (50) Kampung Wih Tenang Uken Kecamatan Permata, Kabupaten Bener Meriah, Almarhumah meninggal dunia di Hospital Tengku Ampuan Rahimah Klang, Selangor Kuala Lumpur, akibat penyakit Komplikasi.


Menurut informasi yang kami terima dari keluarga, Almarhumah meninggalkan empat orang anak perempuan, tiga di antaranya sudah berkeluarga dan satu lagi belum berkeluarga, sudah dua tahun merantau, namun dalam dua bulan terakhir almarhumah mengalami sakit di negeri Jiran malasia, sedangkan suami almarhumah sudah duluan meninggal sekitar 10 tahun yang lalu,


Reje atau Kepala Desa wih tenang uken mengirim surat kepada Haji Uma, meminta bantuan fasilitasi pemulangan jenazah warganya untuk dikebumikan di kampung halaman.


Menindaklanjuti surat tersebut, Haji Uma berkoordinasi dengan Teuku Ricky (Ketua PPAM) dan Staf luar negeri Abu Saba yang ada di negeri jiran Malaysia untuk membantu proses adminitrasi pemulangan jenazah, Proses pemulangan jenazah Eka Trisna Dewi M.Yusup menghabiskan anggaran sebesar Rp 18000.000

Adapun sumber biaya berasal dari pihak keluarga Rp 14000.000 serta bantuan Haji Uma Rp 4000.000 termasuk biaya cargo dan operasional perjalanan.


Selain itu, Haji Uma juga menfasilitasi ambulance dari BP2MI untuk pemulangan jenazah dari Bandara Kuala Namu ke Kabupaten Bener Meriah. Jenazah almarhumah tiba di Bandara International Kuala Namu, Sumatera Utara, sekitar pukul 09:00 pagi dengan pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH 860 dan dijemput oleh Fajri (Staf penghubung Haji Uma).


Setelah selesai proses administrasi, jenazah langsung diberangkatkan menuju rumah duka di Kabupaten Bener Meriah dengan mobil ambulance Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) yang difasilitasi Haji Uma, Haji Uma juga memerintahkan staf penghubungnya di aceh Abdul Rafar dan M indra dermawan untuk mengantar jenazah kerumah duka.


Sementara itu, Haji Uma meminta maaf kepada keluarga yang sedang berduka karena tidak bisa datang secara langsung untuk mengantar jenazah Almarhumah dikarenakan beliau saat ini sedang melaksanakan tugas di Jakarta. "Saya memohon maaf kepada keluarga karena tidak bisa berhadir langsung. Untuk itu, saya meminta Staf Penghubung di Aceh untuk menyerahkan jenazah Eka Trisna Dewi M.Yusup kepada pihak keluarga" kata Haji Uma.


Haji Uma juga berharap kepada keluarga yang ditinggalkan agar dapat tabah dengan cobaan tersebut kita doakan almarhumah diluaskan kuburnya oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala, Disisi lain, Haji Uma juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat pemulangan jenazah almarhumah Eka Trisna Dewi M.Yusup.


"Terima kasih kepada semua pihak, BP2MI,BP3MI Aceh dan Petugas Pemulangan P4MI Aceh Tamiang atas kerjasamanya, PPAM di Malaysia, Ketua PPAM dan Abu Saba serta pihak lainnya. Terutama untuk BP2MI, kita berharap kerjasama ini terus terjalin dengan baik kedepannya" tutur Haji Uma,


Jenazah tiba dirumah duka dikampung Wih Tenang Uken pukul 08 : 00 malam dan disambut isak tangis dari pihak keluarga dan jiran tetangga.


Secara terpisah,Risna anak kandung almarhumah yang mewakili pihak keluarga juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pemulangan jenazah keluarga mereka. 


"Kami dari pihak keluarga almarhumah tidak bisa membalas kebaikan Haji Uma, Ketua PPAM Teuku Ricky berserta anggotanya di Malaysia, Abu Saba, dan saudara-saudara lainnya yang ikut membantu proses pemulangan jenazah keluarga kami, hanya Allah yang bisa membalas kebaikan saudara semuanya", tutupnya Risna.

×
Berita Terbaru Update