Notification

×

Iklan ok

Kemah Ceria Hizbul Wathan, Diikuti Oleh 176 Anak KB TK ABA 3 Kota Madiun

Jumat, 18 Oktober 2024 | 08.28 WIB Last Updated 2024-10-18T01:28:41Z


MADIUN, GEMARNEWS.COM - Sebanyak 176 anak didik KB dan TK ABA 3 Kota Madiun mengikuti Outing Class Kemah Ceria PAUD Hizbul Wathan di Kampus 1 UMMAD, Kamis, 17 Oktober 2024.


Kemah Ceria PAUD Hizbul Wathan ini mengusung tema “Melatih Karakter dan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Kepanduan Hizbul Wathan”.


Sejumlah kegiatan kemandirian untuk anak didik menjadi materi Kemah Ceria KB TK ABA 3 Kota Madiun. Mulai dari upacara, fun game, pentas seni, mengaji, sholat berjamaah hingga tahfidz.

 

Kepala Sekolah KB TK ABA 3 Kota Madiun, Yani Isnur Robi Affandi menerangkan, program kemah ceria ini menjadi unggulan di sekolah dibawah naungan Pengurus Daerah 'Aisyiyah Kota Madiun tersebut.


"Ada 176 anak didik mengikuti kemah cerita yang tahun ini memasuki tahun kedua penyelenggaraan dengan 26 diantaranya adalah anak didik KB dan 150 anak didik TK," terang Isnur saat kegiatan kemah Ceria berlangsung.


Isnur menerangkan anak didik yang mengikuti kemah ceria tersebut dibagi dalam sepuluh (10) kelompok Kuntum. Yaitu Kuntum Lebah, Jasmin, Semut, Ababil, Laba-laba, Kuda, Gajah, Tulip, Teratai, Lili serta Mawar.


Kemah Ceria kali ini menghadirkan sejumlah permainan gembira (fun game) mulai dari pindah corong dalam simpai, cari angka, lempar tangkap bola, estafet bola, jepit angka serta pindah botol.


"Anak didik mengikuti kemah ceria ini dengan antusias. Kemah Ceria ini jadi program yang ditunggu anak-anak dan orang tua. Mereka banyak yang bertanya kapan kemah cerianya dilangsungkan? Kami lakukan bulan Oktober ini," ujar Isnur.


Mengenai dipilihnya UMMAD sebagai lokasi kemah, Isnur menerangkan, selain mengenai syiar keberadaan UMMAD, juga karena UMMAD ini tempatnya strategis.


"Selain syiar UMMAD, tempat strategis, lokasi terjangkau wali murid yang banyak tinggal tidak jauh dari kampus UMMAD," ujar Isnur.


Terkait tujuan kemah ceria ini, Isnur mengatakan untuk melatih kemandirian anak didik sekaligus meningkatkan iman dan taqwa mereka.


Kemandirian anak didik itu diperlihatkan dengan mengajak anak didik sholat berjamaah, melakukan fun game, makan bersama, mengaji, tampilan gelar seni angklung, tapak suci, gerak lagu rahmatan lil alamin dan penampilan kelas Tahfiz.

 

 Ketua Majelis PAUD PDA Kota Madiun, Lilik Mustafa mengatakan, kemah ceria ini mengajak anak berlatih mandiri dengan sejenak lepas dari perhatian orang tua.


"Mereka berlatih banyak hal untuk melatih kemandirian. Saya menyambut baik kemah ceria ini," ujar Lili.


Hal yang sama juga disampaikan Dina, orang tua dari salah satu peserta kemah ceria, Aulia Rosyida.

"Dengan ikut kemah ceria ini, anak-anak bisa belajar kemandirian. Namun kadang orang tua yang tidak tega jadi tetap harus memperhatikan anaknya saat ikut kemah," ujar Dina.


Sementara itu, Wakil Ketua Kwartir Wilayah Hizbul Wathan Jawa Timur, Awit Istighfarin mengapresiasi kegiatan kemah ceria Hizbul Wathan  yang dilakukan KB TK ABA 3 Kota Madiun.


"Saya berharap kegiatan kemah pandu HW PAUD di Kota Madiun ini bisa menjadi contoh bagi kwartir daerah lain di Jawa timur khususnya," kata Istighfarin.


Istighfarin juga berharap kemah ceria ini dapat dilaksanakan secara rutin dan membawa dampak yang baik untuk kemandirian anak-anak PAUD semua. (*)

 

×
Berita Terbaru Update