Notification

×

Iklan ok

PD NA Kota Tangerang Selatan Gagas Gerakan Ubah Jelantah Jadi Rupiah

Minggu, 06 Oktober 2024 | 22.28 WIB Last Updated 2024-10-06T15:28:08Z

TANGSEL, GEMARNEWS.COM - Dalam rangka mengurangi limbah minyak jelantah yang merusak lingkungan, Departemen Kesehatan dan Lingkungan Hidup Pimpinan Daerah Nasyiatul 'Aisyiyah (PD NA) Kota Tangerang Selatan, berkolaborasi dengan Majelis Kesehatan dan Lingkungan Hidup Pimpinan Daerah 'Aisyiyah, serta Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pimpinan Daerah 'Aisyiyah menggelar workshop pengolahan minyak jelantah menjadi produk rumah tangga bernilai ekonomis.

 

Workshop yang diikuti oleh perwkailan dari berbagai organisasi otonom muhammadiyah seperti PDA, PDNA, IMM dan IPM Kota Tangerang Selatan tersebut  dilaksanakan pada hari Sabtu, 05 Oktober 2024, di Gedung Dakwah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Tangerang Selatan.

 

Ketua PD NA Kota Tangerang Selatan Novita Fauziah Ramadhan, menjelaskan bahwa tujuan digelarnya tersebut untuk memberikan edukasi kepada para peserta tentang pentingnya pengelolaan limbah jelantah agar dapat bernilai ekonomis.

 

“Workshop ini merupakan upaya kami untuk memberikan keterampilan mengubah minyak jelantah menjadi sabun pencuci piring dan cairan pembersih lantai kepada masyarakat Kota Tangerang Selatan, khususnya ibu-ibu rumah tangga,”, ujar Novita.

 

Lebih lanjut Novita menjelaskan pentingnya ibu-ibu rumah tangga memiliki keterampilan dalam pengelolaan limbah jelantah tersebut. “Selain mengurangi limbah minyak jelantah yang dapat merusak lingkungan, produk yang dihasilkan dari pengelolaan ini juga dapat bernilai ekonomis tentunya”, tutup Novita.

 

Tahapan-tahapan pengelolaan minyak jelantah menjadi produk yang dapat bernilai ekonomis dipandu langsung oleh Aldinah Rosmi, selaku Ketua Departemen Kesehatan dan Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan.

Workshop tersbut juga dihadiri oleh perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan, Odji Restanto dan Feronika yang memberikan edukasi tentang Bioenzim.

Odji Restanto dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan harapan atas digelarnya acara tersebut.

 

“Kami sangat mengapresiasi, karena kegiatan ini sejalan dengan visi-misi Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan, kami berharap agar acara ini terlaksana berkelanjutan”, ujar Odji.

 

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan hingga akhir. Selain workhop pengelolaan limbah minyak jelantah acara tersebut juga dimerihakan oleh berbagai stand bazar aneka makanan, serta pembagian voucher belanja untuk peserta yang menukar sampah ke Bank sampah. [DM.red)

 

×
Berita Terbaru Update