Notification

×

Iklan ok

UNMUHA Tawarkan Solusi Tekan BBLR dan Stunting

Kamis, 10 Oktober 2024 | 00.04 WIB Last Updated 2024-10-09T17:04:55Z


 

BANDA ACEH, GEMARNEWS.COM - Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) telah melakukan terobosan inovatif melalui program Pemberdayaan Berbasis Masyarakat yang bekerja sama dengan Puskesmas Montasik.

 

Program ini bertujuan untuk mengurangi risiko bayi lahir dengan berat rendah (BBLR) pada ibu hamil yang mengalami Kurang Energi Kronik (KEK) dengan pendekatan Continuity of Care (CoC), Interprofessional Education (IPE), dan Interprofessional Collaboration (IPC). Inisiatif ini dipimpin oleh Dr. Maidar, M.Kes dan didukung oleh dosen dan mahasiswa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat UNMUHA. Rabu (9/10/2024).

 

Program ini berhasil memberikan asuhan komprehensif kepada 20 ibu hamil KEK di Kecamatan Montasik, dengan hasil yang menunjukkan penurunan risiko BBLR. Pemantauan selama kegiatan menemukan bahwa sebagian besar ibu mengalami masalah kesehatan seperti anemia dan Lingkar Lengan Atas (LiLA) yang rendah.

 

Meskipun terdapat tantangan dalam akses pelayanan kesehatan, pendekatan CoC yang dilakukan mampu memantau peningkatan berat badan ibu hamil, serta memperhatikan kadar Hb, terutama pada ibu yang mengalami anemia berat.

Sebanyak lima ibu yang mendapatkan asuhan telah melahirkan dengan berat bayi di atas 2.500 gram, menunjukkan keberhasilan program ini.

 

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mendukung percepatan penurunan angka stunting di wilayah tersebut, mengingat prevalensi stunting di Kecamatan Montasik masih mencapai 20%.

 

Dengan dukungan Hibah Kemenristekdikti, UNMUHA berkomitmen terus mengembangkan inovasi "Jatmiko" dan pendekatan CoC, IPE, dan IPC untuk menekan angka BBLR serta mengurangi morbiditas dan mortalitas ibu dan bayi. (red)

 

×
Berita Terbaru Update